Menulis Cara mengatur arah text menjadi vertikal atau diagonal di excel


Dalam membuat tabel, terkadang karena terbatasnya ukuran kertas dan margin, sehingga tabel tidak bisa masuk seluruhnya dalam satu halaman. Sehingga diperlukan pengaturan sehingga seluruh tabel bisa berada dalam satu halaman. Salah satu caranya adalah dengan mengatur teks yang ada di kepala kolom atau judul tabel dibuat miring ke atas atau teks menjadi vertikal, dengan demikian teks akan terbaca dari bawah keatas atau sebaliknya dari atas ke bawah. Jika teks tetap dibuat secara horizontal atau mendatar, tentunya kolom akan tetap lebar dan sulit untuk diperkecil lagi.

Untuk mengatur arah teks menjadi horizontal, vertikal atau teks miring secara diagonal dapat dilakukan dengan menggunakan fasilitas yang ada di Ms Excel, yaitu text orientation. Dengan menggunakan text orientation ini anda bisa merubah arah text sesuai dengan keinginan, 45 derajad, 90 derajad atau yang lain. Untuk itu silahkan diikuti langkah-langkah berikut ini :
  1. Blok atau seleksi sel yang akan diatur text orientasinya.

     seleksi atau blok sel
  2. Tekan tombol Ctrl + 1 untuk membuka jendela Format Cells
  3. Klik Tab Alignment kemudian pada orientation, masukkan angka pada isian degrees untuk membuat tulisan miring dengan kemiringan sekian derajad. Atau Klik dan tahan titik berwarna merah kemudian geser kearah derajad yang diinginkan.

    membuat tulisan miring vertikal serta diagonal
  4. Jika sudah Klik OK.
Maka tulisan akan berubah arah menjadi kemiringan derajad yang telah diatur tadi.

tulisan miring vertikal serta diagonal di excel

Artikel Terkait

0   komentar

Posting Komentar

Cancel Reply
Demo